Tips:kosongkan kolom keyword untuk filter berdasar provinsi dan atau kategori

Gunung Leuser 3381 mdpl - Raksasa di Serambi Mekkah


Taman Nasional Gunung Leuser adalah salah satu hutan lindung yang ditetapkan sebagai area konservasi yang harus dijaga dan dilestarikan keberadaannya. Taman Nasinal ini terletak di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh Selatan, Aceh Tengah, Aceh Timur dan Aceh Singkil) dan Provinsi Sumatera Utara (Kabupaten Langkat dan Karo) dengan luas 80.000 hektar. Aceh menempati tiga perempat luas taman nasional tersebut. Secara spesifik kawasan Gunung Leuser terdiri dari Suaka Margasatwa Kluit 20.000 ha, Suaka Margasatwa Gunung Leuser 416.500 ha, Suaka Margasatwa Kappi 142.800 ha, Suaka Margasatwa Langkat Selatan 82.985 ha, Suaka Margasatwa Sikundur 60.000 ha, Taman Wisata Lawe Gura 9.200 ha, Taman Wisata Sikundur 18.500 ha, dan hutan lindung serta hutan produksi terbatas seluas 292.707 ha.

Ekosistem Leuser memiliki penyebaran vegetasi hutan yang komplit, mulai dari vegetasi hutan pantai/rawa, hutan dataran rendah, hutan dataran tinggi dan pegunungan. Diperkirakan di Taman Nasional Gunung Leuser terdapat 3.500 flora dan bermacam fauna yaitu 380 spesies burung dan 190 mamalia. Selain itu terdapat pula 87 jenis satwa yang tergolong langka yang harus dilindungi.

Selain kaya akan beragam jenis flora dan fauna, Taman Nasional Gunung Leuser juga kaya akan panorama alam yang indah, sehingga dapat dijadikan objek dalam kegiatan ekowisata seperti petualangan alam bebas (tracking), arum jeram (rafting), penelusuran gua (caving), pengamatan flora dan fauna maupun sekedar rekreasi.

Gunung Leuser secara terminologis berarti “tempat makhluk hidup mengakhiri hidupnya”. Nama yang cukup mengerikan tersebut diambil dari bahasa Belanda. Gunung ini sudah sejak lama menjadi impian para pendaki gunung. Variasi medan dan panjangnya lintasan menuntut seorang pendaki memiliki kemampuan dan ketrampilan yang lebih dari cukup agar dapat menjejakkan kaki ke puncaknya.

Gunung Leuser dapat dicapai melalui Medan dan Banda Aceh. Dari Medan atau Banda Aceh pendaki selanjutnya menuju Kutacane, Ibukota Aceh Tenggara. Bila start dari Medan pendaki akan melalui Berastagi dan Kabanjahe. Selanjutanya dari Kutacane perjalanan dilanjutkan menuju pos awal pendakian di Green Sinebuk dengan rute perjalanan melewati Takengon dan Blangkajeren.

Di puncak Leuser pendaki dapat menyaksikan indahnya Taman Nasional Gunung Leuser yang berbukit-bukit menggelombang seluas 950.000 ha dan dihiasi oleh deburan ombak nun jauh di sisi selatan di antara kabut tipis yang melintas.

 

Jalur Pendakian:

[ Medan atau Banda Aceh – Kutacane – Takengon – Blangkajeren ] – Green Sinebuk (Kedah) – Simpang Angkasan – Jambur – Puncak Angkasan – Simpang Ji’it – Lintasan badak – Blangbeke – Kolam Badak – Bipak – Bipak Kaleng – Bipak Batu – Padang Sabana – Puncak Leuser.

 

Gunung Leuser 3381 mdpl

Gambar Gunung Leuser 3381 mdpl



provinsi: Acehdaerah: on earth :)
kategori: Gunung